Akreditasi Poltekba 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi Poltekba terbaru 2024.

Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba)Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) adalah perguruan tinggi negeri yang berfokus pada bidang teknologi dan vokasi, berlokasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Poltekba bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja di dunia industri.

Poltekba didirikan pada tahun 1982 dengan nama Sekolah Tinggi Teknik (STT) Balikpapan, dan kemudian diresmikan menjadi Politeknik Negeri Balikpapan pada tahun 1993.

Seiring perkembangan kebutuhan tenaga kerja terampil, Poltekba terus menambah program studi baru di berbagai bidang teknologi. Visi Poltekba adalah "Menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dan menjadi rujukan pembangunan bangsa."

Untuk mencapai visi tersebut, Poltekba memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas dan berstandar nasional serta internasional, mengembangkan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif, melaksanakan kerjasama dengan dunia usaha dan industri, dan menyelenggarakan tata kelola yang efektif, transparan, dan akuntabel.

Poltekba menawarkan berbagai program studi di bidang teknik, akuntansi, dan bisnis, termasuk Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis.

Poltekba memiliki keunggulan dalam pembelajaran berbasis praktik dan keterampilan, kerjasama dengan dunia usaha dan industri, dosen yang berpengalaman, serta fasilitas laboratorium dan bengkel yang lengkap.

Biaya kuliah yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri. Poltekba telah terakreditasi "baik sekali" oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan lulusannya banyak terserap di dunia kerja dengan reputasi yang baik.

Akreditasi POLTEKBA

Akreditasi Poltekba Terbaru 2024

Saat ini institusi Poltekba sudah terakreditasi "Baik Sekali" berdasarkan SK No. 350/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2029.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan Poltekba

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di Poltekba.

Program Studi Strata Peringkat No. SK
Alat Berat D3 B 4889/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/VIII/2020
Tata Boga D3 Baik Sekali 845/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/II/2021
Teknik Elektronika D3 Baik Sekali 0383/SK/LAM Teknik/VD3/XII/2023
Teknik Sipil D3 Baik Sekali 8566/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2020
Teknologi Listrik D3 Baik 11093/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2021
Akuntansi Perpajakan D4 Baik Sekali 784/DE/A.5/AR.10/X/2023
Pengelolaan Perhotelan D4 B 6293/SK/BAN-PT/Ak-PNB/STr/IX/2022
Perbankan dan Keuangan Digital D4 B 6319/SK/BAN-PT/Ak-PNB/STr/IX/2022
Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan Dan Jembatan D4 Baik 9663/SK/BAN-PT/Akred/ST/VII/2021

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di Poltekba. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.