Akreditasi POLITAP 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi POLITAP terbaru 2024.

Politeknik Negeri Ketapang (Politap) merupakan perguruan tinggi negeri vokasi di Ketapang, Kalimantan Barat.

Didirikan pada tahun 2006 atas kerjasama antara Yayasan Pangeran Iranata Ketapang dan Pemerintah Kabupaten Ketapang, Politap beroperasi pada Tahun Akademik 2008/2009 dengan tiga program studi awal.

Pada tahun 2014, melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Politap berubah status menjadi Politeknik Negeri Ketapang.

Hingga tahun 2015, Politap mengembangkan delapan program studi baru, termasuk Teknologi Informasi, Teknologi Pertambangan, dan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

Visi Politap adalah menjadi politeknik unggul di bidang pertanian dan pertambangan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misinya meliputi penyelenggaraan pendidikan vokasi berkualitas, pengembangan penelitian terapan, dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Politap juga berkomitmen untuk mengelola tridharma perguruan tinggi dengan prinsip tata kelola yang baik dan menciptakan suasana akademik yang kondusif.

Tujuannya adalah menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang teknologi terapan, penelitian yang bermanfaat, serta pengabdian yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Politap saat ini memiliki lebih dari 1.300 alumni, dengan 76 tenaga pengajar bergelar S2 dan dua tenaga pengajar bergelar S3.

Fasilitas yang tersedia cukup memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Prestasi dan perkembangan Politap menjadikannya satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kabupaten Ketapang yang berfokus pada bidang teknik dan teknologi, serta terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

Akreditasi POLITAP

Akreditasi POLITAP Terbaru 2024

Saat ini institusi POLITAP sudah terakreditasi "Baik" berdasarkan SK No. 1688/SK/BAN-PT/Ak/PT/X/2022 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2027.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan POLITAP

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di POLITAP.

Program Studi Strata Peringkat No. SK
Agroindustri D-III Baik 5273/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/D3/XII/2023
Pemeliharaan Mesin D-III Baik 22/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/D3/I/2024
Teknologi Hasil Perkebunan D-III Baik 5067/SK/BAN-PT/Ak/D3/XII/2023
Teknologi Informasi D-III Baik Sekali 015/SK/LAM-INFOKOM/Ak.B/D3/III/2024
Teknologi Listrik D-III Baik 7706/SK/BAN-PT/Ak.KP/D3/X/2022
Teknologi Pertambangan D-III Baik 5009/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/D3/XI/2023
Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan D-IV Baik 4875/SK/BAN-PT/Ak-PNB/STr/XI/2023
Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan Dan Jembatan D-IV Baik 3427/SK/BAN-PT/Ak-PNB/ST/V/2022

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di POLITAP. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.