Akreditasi POLITALA 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi POLITALA terbaru 2024.

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), yang didirikan pada tahun 2004 dan resmi beroperasi pada tahun 2009, awalnya bernama Politeknik Industri Tanah Laut (Politri).

Institusi ini didirikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi perkembangan industri di Kabupaten Tanah Laut, yang telah ditetapkan sebagai kawasan industri khusus.

Dengan berbagai sektor industri seperti pertambangan, perkebunan, dan peternakan yang berkembang pesat, Politala berfokus pada pengembangan tenaga kerja yang terampil dan siap menghadapi tantangan di berbagai bidang usaha

Politala dibangun atas prakarsa beberapa pendiri, termasuk Drs. Sihabuddin Chalid, M.M.Pd., dan dukungan dari Dewan Pendidikan Kabupaten.

Pada tahun 2009, izin operasional untuk tiga jurusan, yaitu Mesin Otomotif, Teknik Informatika, dan Teknologi Industri Pertanian, diberikan oleh Dirjen Dikti.

Berbagai perusahaan memberikan dukungan dana melalui program CSR untuk pembangunan gedung pertama Politala. Pada tahun 2014, Politala resmi menjadi Politeknik Negeri Tanah Laut berdasarkan SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan pada tahun 2015, Politala memperoleh akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Di bawah kepemimpinan Dr. Hj. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd., Politala terus berkembang dengan penambahan program studi Akuntansi dan peningkatan fasilitas serta sarana pembelajaran.

Upaya peningkatan sumber daya manusia juga dilakukan dengan mengirim dosen untuk studi lanjut ke jenjang S3 dan uji kompetensi.

Politala menetapkan visi menjadi politeknik unggulan dan berdaya saing nasional, dengan penekanan pada manajemen sumber daya yang berbasis teknologi.

Melalui tagline “be a winner” dan slogan “Politeknik PASTI” (Profesional, Aplikatif, Siap Kerja, Trampil, dan Inovatif), Politala berkomitmen menghasilkan lulusan terbaik dan berdaya saing tinggi di Indonesia.

Akreditasi POLITALA

Akreditasi POLITALA Terbaru 2024

Saat ini institusi POLITALA sudah terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 205/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/V/2020 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2025.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan POLITALA

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di POLITALA.

Program Studi Strata Peringkat No. SK
Agroindustri D-III B 3523/SK/BAN-PT/Ak-PNB/D3/IX/2023
Akuntansi D-III Baik Sekali 1306/DE/A.5/AR.10/VI/2024
Teknologi Informasi D-III Baik Sekali 031/SK/LAM-INFOKOM/Ak/D3/IV/2023
Teknologi Otomotif D-III B 1230/SK/BAN-PT/Ak.S/D3/IV/2023
Teknologi Otomotif D-III Baik 5063/SK/BAN-PT/Ak/D3/XII/2023
Pengembangan Produk Argoindustri D-IV Baik 82/SK/BAN-PT/Ak.P/STr/I/2024
Teknologi Pakan Ternak D-IV Baik 10348/SK/BAN-PT/Ak.P/STr/XII/2022
Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan D-IV Baik Sekali 034/SK/LAM-INFOKOM/Ak.P/STr/XII/2023
Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan Dan Jembatan D-IV Baik 0120/SK/LAM Teknik/VST/IV/2024
Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat D-IV Baik 0187/SK/LAM Teknik/PB.VST/IV/2023

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di POLITALA. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.