Rata Rata Nilai Raport SNBP PNM 2024 dan Tips Lolos!

Nilai Raport SNBP PNM - Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di PNM dan menggunakan nilai rapor sebagai tolak ukur utamanya.

Nilai rapor merupakan representasi prestasi akademik yang kamu miliki selama belajar di sekolah.

Bagi kamu yang ingin lolos SNBP mengetahui prediksi rata-rata nilai rapor SNBP PNM 2024 menjadi penting untuk mempersiapkan diri.

PNM, sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, senantiasa mengedepankan mutu dan kualitas dalam proses penerimaan mahasiswanya.

SNBP menjadi salah satu wujud komitmen PNM dalam menjaring calon mahasiswa berprestasi dan berpotensi tinggi untuk berkembang di lingkungan akademik yang unggul.

Nilai Raport PNM

Tentang Politeknik Negeri Madiun

Politeknik Negeri Madiun (PNM) adalah satu-satunya politeknik negeri di bagian barat Jawa Timur. Terletak di Kota Madiun yang terkenal dengan makanan khasnya, Nasi Pecel dan Brem, kota ini berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Kota Madiun berjarak 160 km barat Surabaya dan 111 km timur Surakarta. PNM memiliki dua kampus: Kampus I di Jalan Serayu No 84, Kelurahan Pandean, Kota Madiun, seluas 7.837 m² dengan luas bangunan sekitar 4.428 m², dan Kampus II di Jalan Ring Road, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, yang menempati lahan seluas 107.882 m². PNM menawarkan pendidikan vokasi dalam berbagai bidang pengetahuan dan keahlian.

Proses pembelajaran hard skill dilakukan melalui konsep learning by doing yang menggabungkan teori dan praktik dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Program Diploma III.

Untuk memastikan tercapainya tujuan pembelajaran, diterapkan kelas kecil dengan 26 mahasiswa per kelas untuk jurusan teknik dan 30 mahasiswa per kelas untuk jurusan non-teknik.

Penekanan pada pengembangan soft skill diarahkan untuk membentuk karakter jujur, kepemimpinan, disiplin, kerja sama tim, dan kecerdasan dalam bekerja (works smart).

Rata-rata Nilai Rapor SNBP PNM 2024

Keseluruhan rata-rata nilai raport digunakan dalam SNBP PNM 2024, baik nilai mata pelajaran umum maupun mata pelajaran khusus.

Bobot penilaian untuk setiap mata pelajaran bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih.

Berikut ini adalah rata-rata nilai rapor SNBP PNM 2024 untuk program studi yang tersedia:

PRODI JENJANG Rata Rata Nilai Raport
ADMINISTRASI BISNIS D3 85,91
AKUNTANSI D3 85,17
BAHASA INGGRIS D3 83,51
TEKNIK KOMPUTER KONTROL D3 84,53
TEKNIK LISTRIK D3 84,57
TEKNOLOGI INFORMASI D3 84,80
AKUNTANSI PERPAJAKAN D4 85,44
AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK D4 (Prodi Baru)
PEMASARAN DIGITAL D4 (Prodi Baru)
PERKERETAAPIAN D4 85,96
TEKNOLOGI REKAYASA ELEKTRONIKA D4 (Prodi Baru)
TEKNOLOGI REKAYASA OTOMOTIF D4 83,70
TEKNOLOGI REKAYASA PERANGKAT LUNAK D4 (Prodi Baru)

Tips Lolos SNBP PNM 2024

Memahami komponen-komponen yang dinilai dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) PNM 2024 menjadi langkah penting.

Rata-rata nilai rapor menjadi indikator utama dalam penilaian SNBP, sehingga memahami komponen-komponen yang dinilai secara menyeluruh akan membantu calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri dengan optimal.

Ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menilai calon mahasiswa. Kriteria pertama adalah rata-rata nilai rapor seluruh pelajaran, yang memiliki bobot sebesar 50%. Kriteria kedua, yang juga berbobot 50%, terdiri dari beberapa komponen yakni dua nilai rapor yang mendukung program studi pilihan, portofolio, dan prestasi. Dua nilai rapor yang mendukung program studi pilihan diatur oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Perlu diperhatikan bahwa bobot penilaian untuk setiap komponen penilaian dapat berbeda-beda tergantung pada program studi yang dipilih. Informasi mengenai bobot penilaian dapat diperoleh melalui situs web resmi PNM atau sumber informasi terpercaya lainnya.

Dengan memahami komponen-komponen dan bobot penilaian dalam rapor, calon mahasiswa dapat:

Memfokuskan persiapan belajar pada mata pelajaran yang memiliki bobot penilaian lebih tinggi.

Menentukan strategi belajar yang tepat untuk meningkatkan nilai mata pelajaran dan komponen penilaian lainnya.

Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri dalam aspek akademik, sehingga dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkannya.

Memahami komponen penilaian dalam rapor merupakan langkah awal yang fundamental dalam mempersiapkan diri untuk SNBP PNM 2024. Dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, peluang untuk lolos di jalur SNBP PNM  akan semakin terbuka lebar.