Akreditasi UNILAM 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi UNILAM terbaru 2024.

Universitas La Tansa Mashiro (UNILAM) memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan ulama Banten, KH. Drs. Ahmad Rifai Arif, yang mendirikan Pondok Pesantren La Tansa pada tahun 1991.

Sebagai kelanjutan dari Pondok Pesantren Daar El-Qolam yang didirikannya di Tangerang, Kyai Rifai berkeinginan untuk mendirikan lembaga pendidikan yang lebih besar dan holistik, sehingga lahirlah Pondok Pesantren La Tansa di Kabupaten Lebak, Banten.

Dalam visinya yang lebih jauh, Kyai Rifai memproyeksikan agar La Tansa tidak hanya mencakup pendidikan dasar dan menengah, tetapi juga berkembang hingga ke jenjang perguruan tinggi. Proyek besar tersebut diwujudkan melalui pendirian Universitas La Tansa Mashiro, yang pada fase awalnya dikenal dengan nama "Unilam," sebagai langkah awal membangun sebuah universitas yang bercita-cita melahirkan generasi yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan ketaqwaan.

Perjalanan Universitas La Tansa Mashiro dimulai pada tahun 1993 dengan hanya dua fakultas, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Agama Islam. Meski mengalami berbagai tantangan, termasuk wafatnya Kyai Rifai pada tahun 1997, universitas ini terus berkembang.

Kampus yang dulunya sederhana dan terpencil kini telah memiliki infrastruktur yang lebih lengkap dan modern, serta menjadi pusat pendidikan yang diminati masyarakat sekitar. Pada tahun 2023, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Universitas La Tansa Mashiro resmi berdiri, menyatukan beberapa sekolah tinggi yang sebelumnya ada di bawah naungan Yayasan La Tansa Mashiro.

Kini, universitas tersebut terus berkembang, mewujudkan visi pendirinya untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai spiritual dan intelektual.

Akreditasi Unilam

Akreditasi UNILAM Terbaru 2024

Saat ini Universitas La Tansa Mashiro (UNILAM) sudah terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 629/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/IX/2023 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2025.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UNILAM

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UNILAM.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
KEBIDANAN D-III BAIK SEKALI 2.024
GIZI S1 Baik 2.023
Informatika S1 Baik 2.023
Manajemen S1 B 2.023
Pendidikan Bahasa Inggris S1 Baik 2023
Pendidikan Biologi S1 Baik 2.023
Pendidikan Matematika S1 Baik 2023
SIstem Informasi S1 Baik 2.023
Manajemen S2 Baik 2.023

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UNILAM. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.