Akreditasi Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) terbaru 2024.

Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) didirikan sebagai respons atas kebutuhan akan perguruan tinggi Muhammadiyah di Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung.

Sebelumnya, Perguruan Tinggi Muhammadiyah hanya ada di luar kota, sehingga PWM Lampung periode 1985-1990 memprakarsai pendirian universitas ini.

Melalui pembentukan Tim Asistensi Diktilitbang, berbagai studi kelayakan dan persiapan pendirian fakultas dilakukan dengan melibatkan tokoh-tokoh Muhammadiyah dan pihak Kopertis Wilayah II.

Setelah melalui proses evaluasi dan persiapan yang matang, UML secara resmi diizinkan untuk beroperasi mulai tahun akademik 1987/1988. Fakultas pertama yang dibuka meliputi Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Agama Islam.

Sejak saat itu, UML berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan terkemuka di Lampung, berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia.

Akreditasi UML Universitas Muhammdiyah Lampung

Akreditasi Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Terbaru 2024

Saat ini institusi Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) sudah terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 516/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/VIII/2023 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2027.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UML

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UML.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
Ekonomi Syariah S1 B 2020
Ilmu Komunikasi S1 B 2020
Ilmu Pemerintahan S1 B 2020
Informatika S1 Baik 2024
Pendidikan Agama Islam S1 Baik Sekali 2023
Pendidikan Bahasa Indonesia S1 Baik 2024
Pendidikan Bahasa Inggris S1 Baik 2023
Pendidikan Luar Biasa S1 Baik 2023
Pendidikan Matematika S1 Baik 2024
Perbankan Syariah S1 Baik 2021
Psikologi S1 B 2020
Sastra Inggris S1 Baik 2021
Teknik Elektro S1 Baik 2024

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UML. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.