Akreditasi UMPRI Lampung 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi UMPRI Lampung terbaru 2024.

Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung adalah hasil penggabungan dari tiga perguruan tinggi Muhammadiyah di Kabupaten Pringsewu, yaitu STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung, dan STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Penggabungan ini dilakukan sebagai bagian dari amanah Musyawarah Wilayah Muhammadiyah pada tahun 2010, dengan tujuan untuk memperkuat sistem pendidikan di bawah naungan Muhammadiyah serta menciptakan pengelolaan yang lebih efektif dan efisien.

Setelah melalui proses panjang dengan beberapa perubahan struktur kepanitiaan, pengajuan program studi baru, serta penyusunan dokumen-dokumen pendukung, Universitas Muhammadiyah Pringsewu akhirnya resmi berdiri pada tanggal 29 Juli 2019 melalui SK Kemristekdikti.

UMPRI menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, termasuk Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM). Beberapa program studi yang diajukan mencakup Peternakan, Kehutanan, Agronomi, Teknologi Hasil Pertanian, Akuakultur, Matematika, dan Pendidikan IPA.

Penggabungan ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan kualitas dosen dan lulusan, tetapi juga untuk memperkuat manajemen keuangan, menjamin keberlangsungan institusi yang berdaya saing global, dan merespons kebutuhan pendidikan tinggi di wilayah sekitar Lampung.

Akreditasi UMPRI

Akreditasi UMPRI Lampung Terbaru 2024

Saat ini institusi UMPRI Lampung sudah terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 1695/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/X/2022 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2027.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UMPRI Lampung

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UMPRI Lampung.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
BIDAN - Baik 2024
Pendidikan Profesi Guru Profesi Baik 2024
Hukum Ekonomi Syariah / Muamalah S1 Baik Sekali 2024
KEBIDANAN S1 Baik 2024
Manajemen S1 B 2022
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1 B 2022
Pendidikan Bahasa Inggris S1 B 2021
Pendidikan Matematika S1 B 2021
Sistem Dan Teknologi Informasi S1 Baik 2024
Sistem Dan Teknologi Informasi S1 Baik 2023
Administrasi Pendidikan S2 Baik 2023
KEPERAWATAN S2 Baik 2024

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UMPRI Lampung. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.