Akreditasi Universitas Winaya Mukti (Unwim) 2024 - Institusi dan Jurusan

 Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi Unwim terbaru 2024.

Universitas Winaya Mukti (UNWIM) memiliki sejarah panjang yang berawal dari pendirian Landbouw Bedrijf School (LBS) pada 26 November 1914 di Sumedang, Jawa Barat, sebagai lembaga pendidikan pertanian tertua di Indonesia.

LBS didirikan di atas tanah wakaf seluas 4,3 hektar oleh Pangeran Aria Soeria Atmadja, Bupati Sumedang, yang kemudian dikenal sebagai Pangeran Mekah.

Seiring perkembangan zaman, LBS berubah nama menjadi Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) pada tahun 1960. Pada tahun 1965, Akademi Pertanian Tanjungsari (APT) juga didirikan oleh Gubernur Jawa Barat dengan lahan yang diperluas menjadi 22 hektar.

Selain APT, akademi lain seperti Akademi Teknik Pekerjaan Umum (ATPU), Akademi Ilmu Kehutanan (AIK), dan Akademi Industri dan Niaga (AIN) turut didirikan antara tahun 1965 hingga 1967.

UNWIM terbentuk melalui penggabungan keempat akademi tersebut dan didirikan secara resmi pada tahun 1991 oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Winaya Mukti, sebuah yayasan yang berawal dari KORPRI Jawa Barat.

Transformasi ini didasari oleh kebijakan pemerintah yang mengharuskan perguruan tinggi swasta dikelola oleh badan hukum berbentuk yayasan.

Sejak saat itu, UNWIM terus berkembang sebagai universitas dengan pola ilmiah pokok "BINA IPTEKS BANGUN LINGKUNGAN", mencerminkan komitmen dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keberlanjutan lingkungan.

Moto UNWIM, "Eksis, Dinamis, dan Berkualitas", mencerminkan visi universitas untuk terus eksis dan berkembang sesuai dengan tantangan zaman.

Akreditasi Unwim

Akreditasi Unwim Terbaru 2024

Saat ini institusi Unwim sudah terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 1128/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/XII/2023 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2028.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan Unwim

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di Unwim.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
Agribisnis S1 B 2.020
Agroteknologi S1 B 2.020
Akuntansi S1 Baik Sekali 2.023
Arsitektur S1 Baik 2.020
Kehutanan S1 B 2.021
Manajemen S1 Baik Sekali 2.023
Perencanaan Wilayah Dan Kota S1 B 2.024
Teknik Geodesi S1 B 2.024
Teknik Lingkungan S1 Baik Sekali 2.024
Teknik Sipil S1 Baik Sekali 2.024
Agribisnis S2 B 2.022
Agroteknologi S2 B 2.023
Manajemen S2 B 2.023

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di Unwim. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.