Akreditasi Universitas Sumatera Selatan (USS) 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi Universitas Sumatera Selatan (USS) terbaru 2024.

Universitas Sumatera Selatan (USS) merupakan penggabungan dari beberapa institusi pendidikan yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Penelitian Perkembangan Perkoperasian Sumatera Selatan (YP4SS).

Yayasan ini awalnya mendirikan Akademi Manajemen Koperasi (AMKOP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Palembang yang berkembang menjadi institusi pendidikan tinggi berbasis koperasi dan manajemen.

Setelah melalui proses panjang, penggabungan tersebut diresmikan pada tahun 2019 dengan dukungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada tanggal 8 April 2019, USS secara resmi diluncurkan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, yang menandai awal dari operasional universitas ini. USS kini memiliki empat fakultas: Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Komputer, dengan berbagai program studi yang berorientasi pada entrepreneurship.

USS memiliki visi untuk menjadi universitas yang berbasis Entrepreneurial University. Hal ini diwujudkan dengan mengedepankan program-program studi yang tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga memberikan pengalaman bisnis nyata kepada para mahasiswa.

Dalam perjalanannya menuju universitas yang unggul, USS mengikuti tahapan yang diuraikan dalam literatur pendidikan tinggi internasional, yang mencakup menjadi Teaching University, Research University, hingga mencapai status Entrepreneurial University.

Dengan langkah-langkah strategis tersebut, USS berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di era global.

Akreditasi USS Palembang

Akreditasi Universitas Sumatera Selatan (USS) Terbaru 2024

Saat ini institusi Universitas Sumatera Selatan (USS) sudah terakreditasi "Baik" berdasarkan SK No. 1056/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2025.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan USS Palembang

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di USS Palembang.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
Ilmu Komputer S1 Baik 2022
Ilmu Perikanan S1 Baik 2022
Agribisnis S1 Baik 2021
Manajemen S1 B 2021
Ilmu Komunikasi S1 Baik 2021

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di USS Palembang. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.