Akreditasi Universitas Persatuan Islam (UNIPI) 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi UNIPI terbaru 2024.

Universitas Persatuan Islam (UNIPI) didirikan sebagai upaya dari Jam'iyah Persatuan Islam untuk memperkuat peran dalam bidang Tarbiyah.

Universitas ini lahir dari transformasi STKIP Persatuan Islam, yang secara resmi diakui oleh Kemenristekdikti melalui SK Nomor 1271/KPT/1/2018 pada tanggal 31 Desember 2018.

Meskipun baru didirikan pada akhir 2018, UNIPI didukung penuh oleh Jam'iyah Persatuan Islam sebagai badan penyelenggara.

Proses panjang yang melibatkan persiapan dan pemenuhan persyaratan berhasil dilalui, dan pada 16 Februari 2019, Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi RI, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., menyerahkan SK pendirian UNIPI kepada Ketua Umum PP Persis, K.H. Aceng Zakaria.

UNIPI bukan hanya sekadar menambah jumlah perguruan tinggi di Indonesia, tetapi bertujuan menjadi pusat studi yang menghasilkan lulusan ulul albab—kader yang menguasai ilmu pengetahuan dan spiritualitas berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Universitas ini diharapkan dapat melahirkan cendekiawan dan teknokrat Muslim yang berjiwa enterpreneurship dan melek teknologi, khususnya di era Revolusi Industri yang terus berkembang.

Dengan demikian, UNIPI berkomitmen membentuk generasi Muslim yang mampu berkontribusi dalam masyarakat dan dunia kerja, mengaplikasikan ilmu mereka dengan tetap berlandaskan nilai-nilai Islam.

Akreditasi Unipi

Akreditasi UNIPI Terbaru 2024

Saat ini institusi Universitas Persatuan Islam (UNIPI) sudah terakreditasi "Baik" berdasarkan SK No. 1511/SK/BAN-PT/Ak.P/PT/VIII/2024 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2026.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UNIPI

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UNIPI.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
Bisnis Digital S1 Baik 2.024
Ilmu Lingkungan S1 Baik 2.024
Informatika S1 Baik 2.024
Pariwisata S1 Baik 2.024
Pendidikan Bahasa Inggris S1 Baik 2.024
Pendidikan Sejarah S1 B 2.024
Peternakan S1 Baik 2.024

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UNIPI. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.