Akreditasi Universitas Nusa Bangsa (UNB) 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi UNB terbaru 2024.

Universitas Nusa Bangsa (UNB) didirikan pada tahun 1987 oleh Yayasan Pengembangan Keterampilan dan Mutu Kehidupan Nusantara (YPKMK) yang berbasis di Jakarta.

Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0456/0/1989, UNB resmi berdiri dengan tiga fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Seiring perkembangannya, Fakultas Pertanian membentuk Program Studi Manajemen Hutan yang kemudian ditingkatkan menjadi Fakultas Kehutanan pada tahun 1993.

Pada tahun 1998, UNB juga mendirikan Program Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Berfokus pada pendidikan yang berkualitas, UNB berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dan peduli terhadap lingkungan.

Visi UNB adalah menjadi perguruan tinggi swasta unggul dengan wawasan lingkungan yang berkelanjutan pada tahun 2040. Misinya mencakup pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan pembangunan. 

Selain itu, UNB bertujuan menciptakan tata kelola universitas yang baik dengan memperkuat sistem penjaminan mutu dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk akademisi, bisnis, industri, dan masyarakat.

UNB juga menekankan pengembangan ilmu pengetahuan tanpa batas, yang dilambangkan melalui logonya yang penuh makna, menggambarkan nilai-nilai Pancasila dan pengabdian kepada bangsa.

Akreditasi UNB

Akreditasi UNB Terbaru 2024

Saat ini institusi Universitas Nusa Bangsa (UNB) sudah terakreditasi "Baik" berdasarkan SK No. 1561/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/IX/2022 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2027.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UNB

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UNB.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK Status
Penyuluhan Kehutanan D-III B 2.024 Aktif
Agribisnis S1 B 2.021 Aktif
Agroteknologi S1 B 2.022 Aktif
Akuntansi S1 B 2.020 Aktif
Biologi S1 Baik 2.022 Aktif
Kehutanan S1 B 2.022 Aktif
Kimia S1 Baik Sekali 2.023 Aktif
Manajemen S1 Baik Sekali 2.024 Aktif
Ekonomi Pembangunan S2 Baik Sekali 2.024 Aktif

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UNB. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.