Akreditasi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) 2024

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) terbaru 2024.

Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) adalah hasil penggabungan dua perguruan tinggi, yaitu STKIP dan STIH Muhammadiyah Kotabumi, yang resmi berdiri pada tahun 2019 dengan keluarnya SK/Izin Penggabungan No. 477/KPT/I/2019 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

STKIP Muhammadiyah Kotabumi, yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun di Lampung Utara, awalnya mengelola lima program studi di bidang pendidikan, sedangkan STIH Muhammadiyah Kotabumi memiliki satu program studi dalam ilmu hukum.

Keinginan untuk menggabungkan kedua perguruan tinggi ini muncul sejak lama dan akhirnya terealisasi pada Desember 2017.

Sejak penggabungan, UMKO terus berkembang dengan mengelola beberapa program studi baru. Awalnya, 11 program studi baru diusulkan, namun hanya lima yang disetujui, yaitu Agribisnis, Agroteknologi, Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak, Sistem Teknologi Informasi, dan Ilmu Komunikasi.

Ditambah dengan program studi lama, UMKO kini mengelola total 11 program studi sarjana dan satu program pascasarjana Magister Hukum, yang ditambahkan pada tahun 2022. UMKO terus berkomitmen memberikan pendidikan berkualitas di berbagai bidang, khususnya di Lampung Utara.

Akreditasi UMKO.jpg

Akreditasi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) Terbaru 2024

Saat ini institusi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) sudah terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 71/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/II/2022 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2026.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UMKO

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UMKO.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
Agribisnis S1 Baik 2021
Agroteknologi S1 Baik 2.021
Hukum S1 B 2.022
Ilmu Komunikasi S1 Baik 2.021
Informatika Medis S1 Baik 2024
Nutrisi Dan Teknologi Pakan Ternak S1 Baik 2021
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1 B 2022
Pendidikan Bahasa Inggris S1 B 2022
Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 Baik 2.022
Pendidikan Jasmani S1 Baik 2021
Pendidikan Matematika S1 B 2021
Sistem Dan Teknologi Informasi S1 Baik 2023
Hukum S2 Baik 2024

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UMKO. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.