Akreditasi Universitas Ibnu Chaldun (UIC) 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi Universitas Ibnu Chaldun (UIC) terbaru 2024.

Universitas Ibnu Chaldun (UIC) didirikan sebagai bentuk pengabdian Parada Harahap untuk meningkatkan kualitas bangsa melalui pendidikan.

Berawal dari Akademi Wartawan pada tahun 1951, UIC mengalami perkembangan hingga akhirnya menjadi Perguruan Tinggi Ilmu Kewartawanan dan Politik (PTIKP) pada tahun 1956, yang dikelola oleh Jajasan Ibnu Chaldun.

Nama universitas ini diambil dari seorang tokoh besar Islam, Ibnu Khaldun, sebagai simbol kontribusi dan kedudukan tinggi dalam dunia keilmuan.

Sejak awal berdirinya, UIC memiliki fokus pada pengembangan pendidikan politik dan jurnalistik, yang kemudian diperluas menjadi berbagai disiplin ilmu.

Seiring dengan perjalanan waktu, UIC mengalami berbagai penyempurnaan, termasuk perubahan nama menjadi Universitas Ibnu Chaldun pada tahun 1960.

Universitas ini kini memiliki 10 program sarjana yang mencakup bidang manajemen, hukum, komunikasi, dan berbagai bidang keagamaan serta pertanian, dan 1 program magister hukum.

Didukung oleh Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC), UIC terus berkembang dengan menekankan pada peningkatan kualitas pendidikan yang terakreditasi dan sah oleh lembaga resmi, serta berkomitmen menghasilkan lulusan yang kompeten dan berintegritas.

Akreditasi UIC

Akreditasi Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Terbaru 2024

Saat ini institusi UIC sudah terakreditasi "Baik" berdasarkan SK No. 891/SK/BAN-PT/Ak/PT/XI/2023 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2028.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UIC

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UIC.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
Agroteknologi S1 Baik 2.024
Akhwal Syaksiyah S1 Baik 2.023
FARMASI S1 Baik 2.024
Ilmu Administrasi Publik S1 B 2.023
Ilmu Hukum S1 B 2.022
Ilmu Komunikasi S1 B 2.023
Komunikasi Dan Penyiaran Islam S1 Baik 2.024
Manajemen S1 B 2022
Pendidikan Agama Islam S1 Baik Sekali 2.023
Perbankan Syariah S1 Baik 2.024
Hukum S2 Baik 2.024

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UIC. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.