Akreditasi Universitas Islam As-syafiiyah (UIA) 2024 - Institusi dan Jurusan

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait akreditasi UIA terbaru 2024.

Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) didirikan sebagai kelanjutan dari Akademi Pendidikan Islam (AKPI) As-Syafi’iyah yang didirikan pada 14 November 1965 oleh KH.

Abdullah Syafi’ie. Bermula dari kepedulian KH. Abdullah Syafi’ie terhadap pendidikan Islam dan pengembangan kualitas umat, UIA terus berkembang sebagai institusi yang menggabungkan pendidikan formal dengan tradisi pendidikan Islam.

Pendirian AKPI didasari oleh dua tujuan utama, yaitu meningkatkan kualifikasi ilmiah guru agama dan mencetak cendekiawan agama yang berintegritas ilmiah. Pada 12 Maret 1969, AKPI berkembang menjadi Universitas Islam As-Syafi’iyah yang terus melanjutkan visi besarnya dalam bidang pendidikan.

Pada masa-masa awal perkembangannya, UIA sempat menghadapi berbagai tantangan, termasuk gangguan dalam perkuliahan akibat aktivitas demonstrasi mahasiswa.

Namun, semangat perjuangan UIA tetap terjaga, dengan tokoh-tokoh seperti KH. Abdullah Syafi’ie, K.H. Ali Assegaf, dan Syekh As-Sumbati Al-Mishri turut berkontribusi sebagai dosen. Di bawah kepemimpinan KH.

Abdullah Syafi’ie, pada tahun 1979 dibangun Kampus UIA di Jatiwaringin, yang menandai era perkembangan dan perubahan signifikan. Fakultas-fakultas baru seperti Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Keguruan, dan MIPA didirikan, menjadikan UIA sebagai universitas yang berorientasi masa depan dengan visi pengembangan pendidikan Islam dan akademik yang holistik.

Akreditasi UIA

Akreditasi UIA Terbaru 2024

Saat ini institusi UIA sudah terakreditasi "Baik Sekali" berdasarkan SK No. 449/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/IV/2024 yang diterbitkan oleh BAN-PT dan berlaku hingga tahun 2029.

Akreditasi ini merupakan penilaian bahwa sebuah perguruan tinggi tersebut sudah mendapatkan penilaian baik oleh BAN-PT.

Akreditasi adalah indikator yang harus dilihat oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Akreditasi dibagi menjadi dua bagian yaitu akreditasi kampus dan akreditasi program studi (jurusan).

Akreditasi Jurusan UIA

Apakah kamu saat ini ingin mengecek akreditasi untuk jurusan favorit kamu? Berikut ini adalah daftar semua akreditasi jurusan yang ada di UIA.

Program Studi Strata Peringkat Tahun SK
Akuntansi S1 Baik 2.021
Bimbingan Dan Konseling S1 Baik Sekali 2.024
Ilmu Hukum S1 Baik 2.021
Komunikasi Penyiaran Islam S1 A 2.021
Manajemen S1 B 2.020
Pendidikan Agama Islam S1 B 2.021
Pendidikan Bahasa Inggris S1 Baik 2.021
Perbankan Syariah S1 Baik Sekali 2.022
Teknik Industri S1 Baik 2.022
Teknik Informatika S1 Baik 2.024
Teknik Mesin S1 Baik 2.021
Ilmu Hukum S2 Baik Sekali 2.023
Komunikasi Dan Penyiaran Islam S2 B 2.022
Manajemen S2 Baik 2.023
Teknologi Pendidikan S2 B 2.021
Ilmu Dakwah S3 Baik 2.021
Ilmu Hukum S3 Baik 2.021

Sekian informasi terkait daftar Akreditasi Kampus dan Akreditasi Jurusan di UIA. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi tentang akreitasi kampus dan jurusan di https://www.banpt.or.id/.