Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Biologi Kelas 10 Ekosistem Bab 9 Kurikulum 2013 Revisi

Daftar Isi [Tampil]

rangkuman-biologi-kelas-10-ekositem-kurikulum-2013-revisi

Rangkuman Biologi Kelas 10 Ekosistem -
Artikel ini akan manampilkan rangkuman atau ringkasan dari materi Biologi kelas 10 bab 9 tentang Ekosistem.

Apa itu ekosistem?

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan yang secara utuh dan menyeluruh anatara segenap unit dan komponen penyusun unsur kehidupan yang saling mempengaruhi.

Ekosistem merupakan manifestasi dari gabungan setiap unit biosistem. Ekosistem melibatkan interaksi hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan fisik sehingga aliran energi yang ada di dalamnya menuju pada suatu titik siklus materi antara organisme dan anorganisme.

Matahari sebagai sumber energi dari segala sumber energi, berperan sangat penting dalam perkembangan lingkungan fisik suatu ekosistem.

Di dalam kehidupan, ekosistem tidak akan terlepas dari adanya keseimbangan di dalam interaksi timbal balik yang terjadi di dalamnya.

Komponen ekositem teridiri dari komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda mati).

Apa itu komponen biotik?

Komponen biotik pada suatu ekosistem merupakan makhluk hidup, pada dasarnya ekosistem tdak akan pernah terbentuk bila tidak terdapat makhluk hidup itu sendiri. Berdasarkan tingkatannya, komponen biotik dibedakan menjadi 3, yaitu:

  • Individu adalah makhluk  hidup  tunggal.  Contohnya seperti  seekor sapi, seorang manusia, dan satu pohon mangga.
  • Populasi merupakan kelompok  individu  dari  jenis  (spesies)  yang sama yang menempati suatu tempat tertentu. Contohnya seperti sekumpulan sapi, sekumpulan manusia, dan sekumpulan pohon mangga. 
  • Komunitas adalah gabungan dari berbagai macam populasi yang menempati habitat tertentu untuk saling berinteraksi.
  • Biosfer adalah kumpulan atau gabungan dari berbagai macam  ekosistem.  Biosfer mencakup semua lapisan bumi.

Apa itu komponen abiotik?

Komponen abiotik adalah komponen penyusun ekositem berupa benda mati. Dengan kata lain komponen abiotik adalah komponen yang terdiri dari benda-benda yang bukan berasal dari makhluk hidup. Berikur ini adalah beberapa contoh komponen abiotik:

  • Suhu
  • Air
  • Batu
  • Garam
  • Tanah
  • Udara
  • Kelembapan
  • Sinar matahari
  • Sulfur
  • Oksigen
  • Fosfor

Apa itu suksesi?

Suksesi adalah serangkaian perubahan ekosistem sampai terbentuk ekosistem klimaks. Perubahan akan terus terjadi dan akan berakhir setelah terjadinya keseimbangan ekosistem sehingga terbentuk ekosistem klimaks. Berdasarkan proses terbentuknya, terdapat dua macam suksesi.

  • Suksesi primer merupakan  suksesi yang  terjadi ketika komunitas asal hilang secara total sehingga ekosistem akan berubah total. Suksesi primer dimulai dengan pertumbuhan tumbuhan perintis. Selain kejadian alam, sukses primer dapat juga disebabkan oleh tindakan manusia, misalnya penambangan batu bara yang merusak ekosistem.
  • Suksesi  sekunder adalah suksesi yang tidak memerlukan  waktu  yang  lama  karena  masih  ada  kehidupan  awal.  Contohnya seperti kebakaran  hutan yang menyebabkan beberapa spesies di hutan mati,  tetapi ada beberapa  spesies  yang  masih  dapat  bertahan  hidup.

Macam-macam Ekosistem

Secara umum ekosistem dapat dibedakan menjadi  dua kelompok,  yaitu  ekosistem  perairan  (akuatik)  dan  ekosistem  darat  (terestrial). Adapun ekosistem akuatik dibedakan menjadi  ekosistem air tawar dan ekosistem air laut. Sedangkan ekosistem terestrial meliputi
  • Bioma Gurun
  • Bioma Padang Rumput
  • Bioma Hutan Basah
  • Bioma Hutan Gugur
  • Bioma Taiga
  • Bioma Tundra

Berdasarkan cara  hidupnya organisme air tawar dibedakan menjadi 5 golongan diantaranya adalah plankton, nekton, Plankton, terdiri atas ftoplankton dan zooplankton.

Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Dalam suatu ekosistem akan selalu terjadi perpindahan energi dan perubahan materi  dari suatu bentuk ke bentuk lainnya.

rangkuman-biologi-kelas-10-rantai-makanan

Piramida ekologi merupakan truktur  trofik yang menggambarkan hubungan dalam rantai makanan disebut. Piramida ekologi dapat dibedakan  menjadi  tiga  jenis, diantaranya adalah  piramida  jumlah,  piramida biomassa, dan piramida energi.

Piramida jumlah

Apa itu piramida jumlah? Piramida jumlah adalah piramida yang menggambarkan jumlah pada tingkatan trofik rantai makanan dalam suatu ekologi,

rangkuman-biologi-kelas-10-piramida-jumlah
Gambar: piramida jumlah

Piramida biomassa

Apa itu piramida biomassa? Piramida biomassa adalah suatu piramida yang menggambarkan ukuran berat materi hidup setiap taraf trofk. Piramida memberi gambaran yang lebih nyata daripada piramida  jumlah.
rangkuman-biologi-kelas-10-piramida-biomassa

Setiap tingkatan trofk, rata-rata berat organisme diukur dalam gram. Umumnya pengukuran berat organisme pada piramida biomassa dilakukan  dengan  menggunakan  sampel  organisme kemudian menghitung total biomassanya.

Piramida energi

Apa itu piramida energi adalah piramida yang menggambarkan penurunan tingkat energi pada tingkat trofik atau gambaran bagaimana energi mengalir dalam sebuah ekosistem.

rangkuman-biologi-kelas-10-piramida-energi

Siklus Biogeokimia

Siklus biogeokimia adalah siklus yang menggambarkan unsur atau  senyawa yang mengalir dari komponen biotik, abiotik,  kemudian kembali ke komponen biotik.

Siklus Oksigen dan Karbon

Oksigen dan karbon mengalami proses pertukaran dari oksigen dalam bentuk O2 yang terdapat pada atmosfer dan oksigern yang terikat oleh unsur lain seperti CO2, H2O dan bahan organik lainnya.

Oksigen dan karbon dibutuhkan oleh setiap organisme yang terdapat dalam suatu ekosistem dan dalam penggunaannya oleh organisme karbon dan oksigen membentuk sebuah siklus seperti di bawah ini:

rangkuman-biologi-kelas-10-siklus-oksigen

Siklus Nitrogen

Apa itu siklus nitrogen? Siklus nitrogen adalah suatu proses konversi atau perubahan senyawa yang mengandung unsur nitrogen berubah menjadi berbagai senyawa kimiawi lainnya. Unsur nitrogen tak bisa lepas dari keberadaan ekosistem. Untuk lebih jelasnya, siklus nitrogen dijelaskan oleh gambar berikut ini:

rangkuman-biologi-kelas-10-siklus-nitrogen

Siklus Fosfor

Di alam, fosfor terdapat dalam bentuk fosfat anorganik, berupa  ion fosfat (PO43-) yang terdapat dalam berbagai macam bebatuan. Pelapukan dari bebatuan berperan penting dalam membawa fosfor menuju sungai hingga ke laut.

Fosfat anorganik yang terlarut terlarut sampai ke air laut kemudian fosfat anorganik tersebut akan diendapkan menjadi sedimen di dasar laut. Tumbuhan bisa memperoleh fosfor dengan menyerap fosfat anorganik dari air tanah. Selanjutnya, fosfor dalam tubuh tumbuhan dan hewan akan diubah ke dalam bentuk fosfat organik.

Siklus Sulfur

Sulfur di atmosfer dapat berasal  dari  berbagai  sumber,  contohnya dalam aktivitas  industri, dan  dari  letusan  gunung  berapi. Sulfur dioksida yang  terdapat pada atmosfer akan bereaksi dengan  oksigen yang kemudian bereaksi dengan air akan menghasilkan hujan asam. Tumbuhan menyerap sulfur dalam bentuk sulfat. Sulfat di dalam tumbuhan akan berpindah ke makhluk hidup lain melalui proses makan dan dimakan.

Download Rangkuman Materi Biologi Kelas 10 Ekosistem.ppt

Download Rangkuman Materi Biologi Kelas 10 Ekosistem.pdf